Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Obyek Bergerak

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Anda mungkin berencana atau tengah dalam perjalanan mudik saat ini. Untuk menghilangkan kejenuhan saat mudik, Anda bisa bermain-main dengan kamera DSLR untuk menghasilkan foto-foto yang menarik.

Di antara ide-ide untuk menghasilkan foto yang menarik ialah memotret objek bergerak dengan kamera DSLR. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan Salah satu pengaturan yang bisa Anda lakukan pada kamera DSLR ialah mengatur kecepatan bukaan rana atau shutter speed.

Seperti diketahui, shutter speed bisa mempengaruhi pencahayaan pada foto. Semakin cepat shutter speed, maka semakin besar cahaya yang bisa masuk.

Anda bisa mengatur shutter speed misalnya 1/2000 detik hingga 1/8000 detik. Bila shutter speed diubah, maka Anda perlu juga mengatur ISO dan aperture. Nah, untuk memotret objek yang bergerak, aperture atau bukaan pada lensa sebaiknya dibuat lebar (angka di belakang f/ kecil), sehingga menghasilkan efek blur serta fokus pada objek utama.

Pada modus continuous speed, kamera akan dapat mengambil gambar lebih dari satu kali dengan menekan tombol shutter sekali. Menekan tombol shutter yang lama, maka semakin banyak pula foto yang ditangkap. Kamera memiliki kemampuan continuous speed yang berbeda.

Ada kamera yang mampu menangkap foto 10 frame sekali tekan dan ada pula yang hanya menghasilkan 5 frame dengan satu kali tekan. Modus auto fokus memudahkan pengguna agar lensa menangkap fokus pada objek dengan cepat. Bila pengaturan manual terlalu memakan waktu, atau menyulitkan Anda, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan modus auto fokus ini.(hy/al)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita